Thursday, October 6, 2011

Fuji Xerox Decuprint, Mencetak Langsung dari iPad ?

TEMPO Interaktif, Jakarta - Apa yang dibuat Apple seolah selalu diserap pasar. Lihat saja, kurang dari sebulan sejak diluncurkan, iPad pertama langsung terjual 1 juta unit. Adapun pada akhir tahun lalu, ada lebih dari 15 juta unit iPad sampai ke konsumen.

Belum lagi iPhone dan iPod Touch yang sepertinya menjadi gadget wajib para pecinta produk Apple. Selain membuat perangkat mobile, Apple juga menyediakan laptop MacBook dan komputer pribadi Mac. Ada satu yang tak dibuat Apple: printer.

Ya, inilah celah yang dimanfaatkan perusahaan mesin cetak, salah satunya Fuji Xerox. ?Semua orang bicara soal i, i, i, dari Apple,? kata Vincent Sim, General Manager Fuji Xerox untuk wilayah Asia Tenggara, Kamis pekan lalu.

Menurut dia, pengguna iPad, iPhone, dan iPod Touch sering kesulitan ketika akan mencetak apa yang tampil di layar gadget itu. ?Mereka harus menggunakan media perantara terlebih dahulu, misalnya PC,? ujarnya.

Oleh karena itu, Vincent memperkenalkan printer multifungsi Fuji Xerox DocuPrint fw yang dapat digunakan untuk mencetak langsung dari tiga gadget Apple tadi. Caranya, pengguna tinggal mengunduh aplikasi FX PrintScan di Apple App Store.

Kemudian mengaktifkan Wi-Fi yang ada di gadget Apple dan printer sehingga keduanya bisa terhubung secara nirkabel. Ketika sampai di dokumen, foto, atau halaman situs yang hendak dicetak, pengguna tinggal menyentuh fitur print dan beberapa saat kemudian keluarlah hasil cetakan.

Ada empat macam printer yang dilengkapi dengan teknologi koneksi jaringan dan minus kabel. Mereka adalah Fuji Xerox DocuPrint CM205 f; CM 205 fw; M205 f; dan M205 fw.

?Printer ini ditujukan untuk usaha kecil menengah,? kata Teddy Susanto, Country Sales Manager Fuji Xerox Indonesia. Selain dapat mencetak, keempat printer ini juga bisa digunakan untuk menggandakan dokumen (fotokopi), memindai (scan), dan faksimili.

Menurut analisis perusahaan yang bermarkas di Jepang ini, dalam satu hari sektor industri kecil dan menengah rata-rata mencetak 1.000 halaman per bulan. Utilisasi mesin cetak di jenis usaha ini juga sekitar tiga tahun sehingga dibutuhkan mesin yang efisien dan tahan banting.

Teddy menjelaskan Fuji Xerox menyertakan toner EA-ECO pada DocuPrint CM 205/M205 yang mampu mengurangi konsumsi listrik sampai 20 persen dan menghemat emisi karbon dioksida sebesar 35 persen dibandingkan toner konvensional.

?Printer ini juga mengusung teknologi S-LED printhead sehingga ukurannya bisa lebih kompak dan hemat energi,? katanya.

Soal kecepatan mencetak, printer DocuPrint M205 f/fw mampu mencetak hitam-putih sebanyak 24 halaman per menit. Sementara DocuPrint CM205 f/fw memiliki kecepatan mencetak 12 halaman berwarna per menit.

Tak cukup dengan mendukung gadget Apple, dalam tempo satu bulan ke depan Fuji Xerox juga bakal merilis aplikasi print dan scan untuk gadget Android dan BlackBerry. ?Bisa diperoleh di Android Market dan situs resmi kami,? kata Teddy.

Fuji Xerox tak sendirian dalam bermain di pasar printer yang dapat terhubung dengan iPad, iPhone, dan iPod Touch. Hewlett-Packard (HP) juga menyediakan mesin pencetak dengan fungsi serupa, yakni HP LaserJet Pro M275 melalui aplikasi Apple AirPrint.

RINI KUSTIANI | TJANDRA DEWI

* * *

SPESIFIKASI

Fuji Xerox DocuPrint CM205 f/fw

Kecepatan cetak : 12 ppm (warna); 15 ppm (monochrome)
Resolusi cetak : 1200 x 2400 dpi
Waktu booting : < 36 detik
Memori : 128 MB
Prosesor : 295 MHz
Konektivitas : Ethernet; USB 2.0; Wi-Fi (untuk fw)
Sistem operasi : Windows dan Mac OS X
Dimensi : 410 x 389 x 337,5 mm
Berat : 14,95 kg
Konsumsi daya : 350 watt (printing); 65 watt (stand by)
Harga : Rp 4,5?4,8 juta

Fuji Xerox DocuPrint M205 f/fw

Kecepatan cetak : 24 ppm
Resolusi cetak : 1200 x 1200 dpi
Waktu booting : < 36 detik
Memori : 128 MB
Prosesor : 300 MHz
Konektivitas : Ethernet; USB 2.0; Wi-Fi (untuk fw)
Sistem operasi : Windows dan Mac OS
Dimensi : 410 x 389 x 318 mm
Berat : 9,9 kg
Konsumsi daya : 400 watt (printing); 58 watt (stand by)
Harga : Rp 2,1?2,5 juta

* * *

Source: http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2011/10/05/brk,20111005-359956,id.html

i am warehouse 13 warehouse 13 weather radar doe sirius kreayshawn

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.